Mengapa Ban Bus Berbeda dari Ban Mobil Biasa? Ternyata Begini Alasannya

Mengapa Ban Bus Berbeda dari Ban Mobil Biasa? Ternyata Begini Alasannya

Penasaran? Mengapa ban bus berbeda dari mobil biasa? Yuk, cari tau alasannya disini!

Ban merupakan komponen yang paling penting dalam memberikan kendali pada kendaraan. Si karet bundar ini berupaya maksimal dalam percepatan dan perlambatan, menggunakan gesekan antara bagian tapak ban dan aspal.

Tentunya, dengan melihat peran aktifnya, ban mempunyai fungsi dan jenis yang berbeda pada setiap kendaraan, seperti kendaraan bus dan mobil.

Lalu, seperti apa bedanya? Baik, mari kita bahas disini!

Pada kendaraan bus, biasanya menggunakan jenis ban radial. Ban radial ini merupakan struktur dengan jenis pneumatik, yang mempunyai susunan benang polyester membuat sudut 90 derajat. Jika dilihat di titik tengah pada telapak ban, benang polyester tersebut diikat menggunakan sabuk besi, sehingga ban lebih stabil.

Sedangkan pada mobil biasa pun sama, menggunakan jenis ban radial. Namun berbeda pada jenis ukuran serta kapasitasnya, pola tapak, ketahanan umur pakai, dan tekanan angin. Agar lebih jelas, kita bahas di bawah ini!

Mengapa Ban Bus Berbeda dari Ban Mobil Biasa? Ternyata Begini Alasannya
Mengapa Ban Bus Berbeda dari Ban Mobil Biasa? Ternyata Begini Alasannya

Inilah perbedaan ban bus mobil dengan mobil biasa, meskipun sama-sama menggunakan jenis ban radial:

Ban Bus:

  • Mempunyai dinding samping ban yang cukup tebal, karena ban bus diciptakan untuk menahan beban yang berat.
  • Pola tapak ban bus, mempunyai struktur yang lebih dalam untuk menciptakan daya tarik gesekan yang stabil meskipun pada jalan licin dan basah.
  • Ban bus memiliki ketahanan dan umur pakai yang cukup lama, sebab mempunyai tuntutan untuk menempuh jarak yang jauh, dan menahan beban yang berat secara terus menerus.
  • Tekanan angin yang tinggi pada ban bus untuk menopang beban kendaraan yang berat.

Ban Mobil Biasa:

  • Ban mobil biasa mempunyai ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan ban bus, karena ban pada mobil biasa tidak menopang beban seberat bus.
  • Pola tapak pada ban mobil lebih beragam dan dibentuk untuk kenyamanan dalam berkendara, kinerja bahan baku, hingga kemampuan di segala medan jalan.
  • Ban mobil biasa lebih tertuju pada aspek kenyamanan serta kemampuan untuk jangka pendek hingga menengah. Berbeda dengan ban bus, karena perbedaan tuntutan dari segi penggunaan hingga beban yang ditanggung.
  • Tekanan angin pada ban mobil biasa lebih rendah karena disesuaikan dengan kenyamanan dan kinerja yang optimal.

Kesimpulannya, meskipun keduanya menggunakan jenis ban yang sama, namun ban bus dan ban mobil biasa dibentuk melalui pertimbangan perbedaan yang jelas. Seperti ukuran, hingga tekanan angin, sesuai dengan fungsi setiap kendaraan.

Cukup jelas ya informasi diatas! Dengan membagikan artikel ini, kamu turut membagikan pengetahuan! Yuk bagikan sekarang, agar kamu bisa menjadi orang bermanfaat untuk yang lain!

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *